Layanan Terbaik VPN Murah di Indonesia

Permasalahan Keamanan Jaringan Internet dan Penganggulangannya

Saat ini sudah banyak sekali sistem yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan keamanan jaringan internet dan salah satunya adalah menggunakan VPN murah yang bisa Anda temukan di media internet.

Keamanan Jaringan Komputer dan Internet Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

Menurut Garfinkel dan Spafford, ahli dalam komputer security, komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Keamanan komputer memiliki 5 tujuan, yaitu: Availability, Confidentiality, Data Integrity, Control, Audit (Availability).

Baca Juga:
Cara Keamanan Umum untuk Sistem E-Business

Privacy : adalah sesuatu yang bersifat rahasia (private). Intinya adalah pencegahan agar informasi tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berhak. Confidentiality : merupakan data yang diberikan ke pihak lain untuk tujuan khusus tetapi tetap dijaga penyebarannya.

Integrity : penekanannya adalah sebuah informasi tidak boleh diubah kecuali oleh pemilik informasi. Terkadang data yang telah terenskripsipun tidak terjaga integritasnya karena ada kemungkinan chapertext dari enkripsi tersebut berubah.

Autentication : ini akan dilakukan sewaktu user login dengan menggunakan nama user dan passwordnya. Ini biasanya berhubungan dengan hak akses seseorang, apakah dia pengakses yang sah atau tidak.

Audit (Availability) : aspek ini berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat dibutuhkan/diperlukan. Apabila sebuah data atau informasi terlalu ketat pengamanannya akan menyulitkan dalam akses data tersebut.

Permasalahan Keamanan Jaringan Internet dan Penganggulangannya
Permasalahan Keamanan Jaringan Internet dan Penganggulangannya

Pada era global seperti sekarang ini, keamanan sistem informasi berbasis Internet menjadi suatu keharusan untuk lebih diperhatikan, karena jaringan internet yang sifatnya publik dan global pada dasarnya tidak aman. Pada saat data terkirim dari suatu komputer ke komputer yang lain di dalam Internet, data itu akan melewati sejumlah komputer yang lain yang berarti akan memberi kesempatan pada user tersebut untuk mengambil alih satu atau beberapa komputer. Kecuali suatu komputer terkunci di dalam suatu ruangan yang mempunyai akses terbatas dan komputer tersebut tidak terhubung ke luar dari ruangan itu, maka komputer tersebut akan aman.

Pembobolan sistem keamanan di Internet terjadi hampir tiap hari di seluruh dunia. Akhir-akhir ini kita banyak mendengar masalah keamanan yang berhubungan dengan dunia internet. Kejahatan cyber atau lebih dikenal dengan cyber crime / cyber security adalah suatu bentuk kejahatan virtual dengan memanfaatkan media komputer yang terhubung ke internet, dan mengekploitasi komputer lain yang terhubung juga pada internet. Adanya lubang-lubang keamanan pada sistem operasi menyebabkan kelemahan dan terbukanya lubang yang dapat digunakan para hacker, cracker dan script kiddies untuk menyusup ke dalam computer tersebut. Kejahatan yang terjadi dapat berupa:

a. pencurian terhadap data.
b. akses terhadap jaringan internal.
c. perubahan terhadap data-data penting
d. pencurian informasi dan berujung pada penjualan informasi.

Baca Juga:
5 Tips Menggunakan Internet Aman dan Murah

Beberapa hal yang menjadikan kejahatan komputer terus terjadi dan cenderung meningkat adalah sebagai berikut :
a. meningkatnya pengguna komputer dan internet.
b. banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan.

Demikianlah artikel tentang permasalahan keamanan jaringan internet dan penanggulangannnya. Anda bisa juga menggunakan layanan VPN murah untuk melindungi keamanan jaringan internet Anda agar tidak diretas maupun dicuri.
Labels: internet cepat, internet gratis, neverblock, neverblock.me, vpn, vpn android, vpn cepat, vpn gratis, vpn indonesia, vpn murah

Thanks for reading Permasalahan Keamanan Jaringan Internet dan Penganggulangannya. Please share...!

0 Comment for "Permasalahan Keamanan Jaringan Internet dan Penganggulangannya"

Back To Top